25 Mei 2009

Tipe Ibu Seperti Apakah Anda?

KOMPAS.com — Menjadi seorang ibu merupakan masa-masa paling penuh tantangan dalam hidup seorang wanita. Suatu saat Anda merasa jadi orang paling bahagia sedunia, tetapi pada saat yang lain Anda merasa sangat sedih dan sendiri. Memiliki seorang bayi merupakan sebuah perubahan yang sangat besar dalam hidup seseorang yang secara alamiah memerlukan sebuah adaptasi dari Anda.

Sifat dasar seorang wanita biasanya memiliki sebuah pola dan sebuah refleksi diri bisa membantu kita menghadapi ekspektasi dan emosi untuk menghadapi kebahagiaan dan tantangan menjadi seorang ibu.

Mengenali siapa diri Anda dan memahami bagaimana cara alamiah Anda menghadapi masalah bisa membantu Anda menjalani emosi, memutuskan sebuah masalah, dan beradaptasi pada situasi baru sambil menikmati waktu bahagia dalam hidup Anda.

Umumnya, ada lima tipe kepribadian calon ibu, seperti dipaparkan www.femalefirst.co.uk, yakni

* Pencemas
Tipe ibu yang kecanduan dalam mencari informasi. Secara sadar-tak sadar selalu mencari informasi sebanyak-banyaknya. Selalu mencari nasihat dari teman, keluarga, banyak membaca majalah dan buku-buku kehamilan. Meski hal ini baik untuk memperkaya pengetahuan, namun terkadang bisa membuat Anda kelelahan dengan banyaknya informasi yang didapat. Tak jarang Anda malah bingung memutuskan sesuatu karena terlalu banyak informasi.

Jika Anda merasa menjadi ibu tipe yang seperti ini, penting untuk diingat, bahwa sangat alamiah untuk mencemaskan hal yang paling berharga dalam diri Anda -yakni bayi Anda. Untuk menghindari kebingungan, kurangi banyaknya sumber informasi. Hanya gunakan satu situs untuk mencari informasi, cukup temui satu dokter yang Anda nyaman untuk diajak berdiskusi, dan untuk mendapatkan informasi faktual bagi Anda dan si buah hati.

* Kompetitif
Seorang ibu yang kompetitif selalu ingin menjadi yang terdepan dari yang lainnya. Anda mungkin orang yang pertama kali hamil di antara teman-teman Anda. Karena itu, Anda pasti yang paling banyak membaca buku-buku pengetahuan seputar kehamilan. Biasanya, karena sifat alami Anda yang senang berkompetisi, Anda sering mengabaikan informasi dari orang lain karena merasa sudah paling tahu.

Tak jarang, Anda membagi informasi tanpa perlu ditanya. Sebenarnya pengetahuan Anda mungkin memang sudah cukup banyak, namun tak ada salahnya untuk mendengarkan orang lain sekali waktu. Yang terpenting adalah Anda mengetahui apa yang terbaik untuk Si Kecil, apa pun yang dilakukan orang lain.

* Profesional
Tipe semacam ini, tipe yang sangat teratur, rasional, pengikut sistem. Ibu profesional tak mau kompromi jika berkaitan dengan bayinya. Anda akan melahirkan di rumah sakit, dikelilingi peralatan medis, dokter, dan personel medis yang sangat profesional untuk mencegah komplikasi yang tak diduga. Anda akan mencoba mencari rasionalisasi mitos-mitos seputar kehamilan dan kelahiran, selalu berkonsultasi dengan dokter. Jika ini adalah tipe Anda, cobalah untuk bersantai sejenak.

Meski persiapan memang penting, biarkan bidan atau dokter Anda membimbing Anda setiap jalannya. Jangan terlalu tegang. Kebanyakan kebahagiaan dan pelajaran menjadi seorang ibu datang dari hal-hal yang datang mendadak, dan hal-hal seperti inilah yang akan Anda ingat ke belakang dan rasakan bahagianya. Dengan lebih bersantai, Anda akan menjadi lebih fleksibel menghadapi permasalahan menjadi seorang ibu. Anda kan lebih bisa menempatkan diri untuk menghadapi permasalahan yang datang sebagai seorang ibu.

* Naturalis
Tipe seperti ini ingin memberikan segala hal yang natural untuk bayinya. Sebagai seorang ibu yang naturalis, Anda akan mengelilingi diri dengan segala hal yang organik, makan makanan yang simpel, natural, dan penuh nutrisi sehat. Lebih memilih pengobatan alternatif ketimbang medis, dan Anda akan memilih penyembuhan di rumah. Anda akan lebih tenang jika si bayi berada di rumah sendiri.

Jika ini adalah tipe Anda, penting untuk diingat, agar Anda harus bisa menyeimbangkan kebutuhan bayi Anda dengan keadaan. Anda perlu tahu, apakah Anda bisa menangani pertumbuhan Si Kecil dengan bantuan alam sepenuhnya saja? Ataukah masih ada kesempatan Si Kecil untuk berkenalan dengan dunia medis? Untuk lebih bisa membuat keputusan yang terbaik bagi anak, sebaiknya Anda pintar-pintar memperkaya diri dengan pengetahuan di bidang medis dan alamiah.

* Tak khawatir
Tipe ini menghadapi hidup dengan santai dan tanpa beban. Anda merasa bahwa ibu, kakak perempuan, teman, dan wanita lain di dunia baik-baik saja menghadapi kehamilan dan kelahiran tanpa perlu banyak kerepotan. Jadi, pasti Anda pun akan baik-baik saja. Anda biasanya tenang saja menghadapi tantangan. Meski penting untuk menikmati menjadi seorang ibu, namun penting juga untuk memperkaya diri dengan informasi diri seputar masalah ibu, bagaimana saat menghadapi sakit, atau saat Anda sulit tidur pada malam hari.

Untuk memastikan bahwa Anda membekali diri dengan segala pengetahuan seputar kehamilan, keibuan, dan lainnya, temui dokter atau bidan Anda segera setelah Anda mengetahui bahwa Anda hamil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar