17 Mei 2009

4 Langkah Hilangkan Kecemasan

Foto: Corbis
RASA cemas menjadi tanda bagi Anda untuk memberi perhatian lebih pada suatu hal. Namun cemas berlebihan, bisa menguras tenaga dan pikiran. Ujung-ujungnya berdampak negatif bagi kesehatan.

Rasa cemas berpotensi atas reaksi berantai, termasuk membuat Anda terus terjaga di malam hari hingga mengurangi waktu istirahat. Hal ini tentu memengaruhi performa Anda saat bekerja dan berkarya.

Sayangnya, kita tidak bisa segera menghentikan kecemasan ini saat orang lain menyuruh kita berhenti memikirkan banyak hal. Terlalu mudah dikatakan ketimbang dilakukan.

Berikut empat formula yang bisa membantu Anda menghilangkan kecemasan, seperti dikutip Askmen.

Sederhanakan hanya pada hal fundamental

Kita sering kali punya ide samar atas suatu hal hingga menyesaki pikiran dan mengikat kita dalam kerumitan. Pemahaman yang minim terhadap apa yang Anda pikirkan, justru makin menumpukkan masalah. Hati-hati, jika akhirnya Anda sulit tidur, kecemasan Anda berarti sudah kronik.

Langkah pertama adalah kurangi berbagai hal yang Anda pikirkan hingga hanya beberapa hal yang benar-benar mendasar. Kemudian, catat dalam satu atau dua kalimat.

Ketakutan tentang masa depan memang sangat membanjiri pikiran, tapi cobalah menyederhanakannya. Masalah kuliah semester depan, di mana Anda akan memilih rumah tinggal dalam enam bulan mendatang, ataupun melamar kekasih akan membantu Anda mengalihkan kecemasan menjadi perspektif yang lebih jelas. Mana yang Anda pilih, cemas memikirkan satu hal atau mengendalikan banyak hal?

Pecahkan dalam beberapa hal kecil

Hakikatnya, setiap masalah dapat dibagi ke dalam bagian-bagian kecil. Langkah ini memungkinkan Anda untuk menemukan cara mengendalikan kecemasan. Dan setidaknya, membuat Anda bisa berdamai dengan waktu.

Misalkan Anda cemas bad credit akan menghalau keinginan membeli rumah. Berhentilah cemas agar Anda dapat berpikir rasional dan membagi beban tersebut menjadi bagian-bagian kecil.

Apakah Anda benar-benar tahu berapa sebenarnya credit score Anda? Jika credit score Anda terlalu mencukupi, Anda tak perlu cemas berlebihan. Jika ternyata minim, bukalah situs credit score dan lihat apa yang bisa dan tidak bisa Anda lakukan untuk membeli rumah. Contoh kasus tersebut menyempitkan Anda dari masalah yang lebih luas sehingga Anda bisa lebih fokus mewujudkannya, bukan sekadar membebaninya dalam pikiran.

Tentukan apa yang bisa dilakukan sekarang

Jika hanya memikirkan banyak hal tanpa aksi, Anda hanya menumpuk beban semakin tinggi. Ada atau tidaknya hal yang bisa dilakukan, setidaknya Anda punya rencana. Jika ternyata rencana itu adalah tidak melakukan apapun, karena memang tak ada yang harus dilakukan. Anda tentu punya alasan kuat untuk istirahat.

Jika memang banyak yang harus dilakukan, buatlah sebuah daftar aksi dari banyaknya hal yang Anda pikirkan. Pilah mana rencana yang bisa dilakukan sekarang atau beberapa waktu ke depan.

Beraksilah

Ini adalah langkah terakhir yang paling efektif untuk menghentikan kecemasan, yakni beraksilah. Lakukan sesuatu dari berbagai hal yang Anda cemaskan. Beraksi mungkin berarti tidak melakukan apapun. Tapi setidaknya hal ini menghentikan kecemasan yang terus Anda simpan jika memang tidak ada satu pun yang bisa dilakukan terhadapnya.

Misalkan pada kasus credit score di atas. Daripada memikirkan kredit rumah yang masih jauh dari tangan, Anda bisa belanja barang-barang rumah tangga yang sangat dibutuhkan. Bahkan jika sudah pukul 02.00 WIB, Anda tetap bisa mencarinya di situs belanja online. Lihat katalog barang yang mereka tawarkan dan buat rencana mengontaknya saat pagi hari.

1 komentar:

  1. Tulisan yang menarik. Dan jika Anda berminat melihat referensi silang, coba cek apa yang saya tulis dalam artikel 12 Tehnik Mengatasi Ilusi dan Kecemasan. Semoga membantu.

    Salam kenal.

    Lex dePraxis

    BalasHapus